Selasa, 12 Agustus 2008

12 yg bermanfaat

Atur menu diet Anda agar tubuh lebih sehat dan bugar. Caranya, cukupdengan mengkonsumsi makanan ideal yang terdapat di sekitar Anda !Menurut pendapat Michael Van Straten, seorang Naturalis, akan lebih baikjika dalam menu diet Anda terdapat makanan berkhasiat yang dapat memberitambahan energi bagi tubuh. Karena menurutnya, sesungguhnya tak adamakanan yang buruk, yang ada hanya diet yang tak sehat.Dua belas contoh di bawah ini merupakan makanan peningkat energi,penambah daya tahan tubuh dan penunda proses penuaan.Let's check them out!
1. ApelDalam satu hari tubuh kita memerlukan masukan zat pectin dan vitamin Cyang cukup, minimal dua kali dalam sehari, untuk mengurangi kadarkolesterol dalam tubuh. Untuk mendapatkannya kita bisa mengkonsumsiapel yang mengandung dua unsur tersebut. Nutrisi yang terkandungdalam apel juga dapat membantu memperkecil risiko terkena penyakittulang, seperti encok dan rematik. Sementara apel yang telah diparutdapat digunakan untuk mengobati diare.
2. WortelBanyak yang sudah tahu bahwa kandungan vitamin A pada wortel dapatmembuat mata menjadi sehat. Ternyata selain itu, zat Betacarotenedalam wortel juga dapat membantu mencegah penyakit mata,liver dan kulit, juga dapat melindungi Anda dari kanker usus.Dengan mengkonsumsi satu potong wortel besar sehari, cukupuntuk mengalirkan betacarotene yang diperlukan tubuhselama sehari!
3. Bawang putihBawang putih yang masih segar terkenal ampuh untuk menyembuhkanbanyak penyakit. Bawang putih bisa berfungsi sebagai anti bakteri,anti jamur, dan dapat melindungi tubuh dari serangan kanker.Masih ragu memasukkan bawang putih ke dalam ramuan pizzabuatan Anda? Tak perlu lagi. Bawang putih sudah jelas sangat efektifmenurunkan kolesterol, tekanan darah dan membantu pembuatansel-sel darah dalam tubuh.
4. Bawang BombayBawang Bombay adalah antibiotik yang membantu melindungi sistemsirkulasi dalam tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsinya Anda dapatmengurangi sakit perut, sesak nafas, dan infeksi saluran kencing.Bawang Bombay juga mempunyai khasiat seperti apel, yaitumeringankan sakit reumatik dan encok.
5. AlpukatBuah alpukat memang dikenal memiliki kadar lemak tinggi, tetapi ternyataalpukat juga memiliki kadar postasium tinggi, yang berarti mengandungbanyak vitamin seperti vitamin A, B, C dan E. Buah ini dapat membantuAnda memerangi kelelahan dan depresi, juga melindungi tubuh dari kanker,dan menurunkan kadar kolesterol. Kelebihan lain dari buah yang lezat iniadalah berfungsi sebagai pemicu produksi zat anti kerut pada kulit akibatpenuaan, karena buah ini mengandung kadar vitamin E yang tinggi.Jadi, untuk Anda yang ingin selalu tampak awet muda, alpukat adalahpilihan makanan yang terbaik!
6. PastaMungkin Anda pikir diet akan terganggu jika mengkonsumsi makananlezat yang mengenyangkan seperti pasta. Tapi bila dilihat dari sisi yanglain, ternyata pasta kaya akan kandungan serat, vitamin B, dan mineral.Bila waktu makan tiba, tak ada salahnya Anda coba menyajikan menudiet ini : pasta dilengkapi minyak zaitun, buah tomat segar,bawang bombay dan tuna. Dengan begitu, Anda sudah mendapatkansantapan yang tinggi akan kandungan serat. Nilai plus-nya, menyiapkansantapan ini mudah bukan?
7. KolKol yang kaya akan kandungan zat besi, zat hijau daun, zat sulfur danvitamin C ini dikenal dapat memerangi kanker, membantu mencegahpenyakit anemia dan menyembuhkan penyakit perut. Kol juga dapatmenangkal penyakit jantung, stres, dan infeksi.
8. GandumGandum memiliki kandungan zat yang cukup banyak.Mulai dari kalsium, potasium, magnesium, silikon, protein, sampaivitamin B dan E. Ini berarti gandum dapat mengurangi kadarkolesterol dan menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh Anda.
9. PisangDi India, orang mengobati sakit perut dengan mengkonsumsi pisang danyogurt yang berbahan dasar alami. Pisang adalah makanan yangberkhasiat tinggi bagi kesehatan. Pisang memberi tubuh kita zat potasium,seng, serat, zat besi, zat asam, kalsium dan vitamin B6. Buah ini juga dapatmelancarkan pencernaan, dan sangat baik dikonsumsi wanita di masapra menstruasi. Keampuhannya lain buah ini adalah memberitambahan energi yang cepat, cocok untuk kudapan sebelum pergibekerja.
10. KentangKentang (yang tidak digoreng) banyak mengandung serat serta vitaminB dan C. Kentang rebus sangat baik bagi tubuh jika Anda tidakmenghilangkan seluruh air rebusannya yang banyak mengandung vitamin.Saat menyantapnya, kulit kentang lebih baik tak dikupas, karena justrudalam kulit tersebut terdapat banyak nutrisi.
11. Kacang kedelaiKacang kedelai merupakan bagian dari keluarga kacang polong yang kayaakan protein. Menurut Dr Arien Van Der Merwe, masyarakat yang hidupdi negara Asia yang negaranya memproduksi 60% kacang kedelai tiap harinya,mempunyai prosentase penyakit seperti kanker payudara, kanker rahim,kanker usus, dan kanker prostat lebih rendah dibanding negara lain.Kacang kedelai juga baik untuk mencegah penyakit jantung dan tulangkeropos. Untuk wanita khususnya, konsumsi kacang kedelai juga amatpenting, karena kacang kedelai membantu menormalkan kadar estrogendalam tubuh dan meningkatkan kadar estrogen yangrendah di tulang. Kacang kedelai baik dikonsumsi setiap hari,minimal satu atau dua kali dalam seminggu.
12. CLAConjugated Linoleic Acid (CLA) adalah zat yang amat penting bagipembentukan otot dan berfungsi juga sebagai nutrisi yang membakarlemak. Zat ini terkandung dalam beragam makanan, terutama dalamdaging sapi dan susu. Para ahli menemukan bahwa metabolisme dankemampuan tubuh menghasilkan energi didapatkan dari adanya zattersebut. CLA juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapatmelindungi tubuh dari serangan kanker. Anda dapat mencobamemasukkan sedikit porsi CLA ke dalam menu diet Anda setiap minggu,jika perlu Anda dapat mengkonsumsinya melalui makanan suplemensekitar 500mg sampai 1000mg sehari.

Tidak ada komentar:

Kelompok Cakrawala

Hanifatun Hasanah 2006110079 as fotographer dan reporter Heppy Agnessia 2006110081 as fotografi Wawa Marisa 2006110066 as fotografi Miranti Pritawi 2006110074 as fotografi